Makerspace: Wadah Baru Kolaborasi Para Maker

3 bulan yang lalu           
Makerspace: Wadah Baru Kolaborasi Para Maker

Makerspace: Wadah Baru Kolaborasi dan Edukasi para Maker

Aga kareba para sahabat? Mudah-mudahan tetap dalam lindungan-Nya yah. Godspeed Us!

Nah pada minggu ini kami akan membahas tentang Makerspace. Meskipun Makerspace masih terdengar asing di telinga kita tapi di negara-negara tetangga sudah mempunyai banyak Makerspace di tiap-tiap kota terutama pada Negara maju.

So, Makerspace adalah sebuah wadah yang menghubungkan para maker/creator untuk  berkaloborasi dalam menciptakan sebuah Produk. Makerspace sudah mulai bermunculan pada kota-kota besar di Indonesia, hadir sebagai sebuah tempat dimana masyarakat bisa datang dan berkreasi membuat produknya sendiri lewat fasilitas yang ada. Fasilitas yang biasanya ditawarkan sebuah makerspace adalah mesin, alat, dan tempat yang memadai untuk melakukan pembuatan produk.

Tiap makerspace yang ada di Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan Value masing-masing melihat dari kondisi yang ada disekitarnya loh para sahabat.

Berikut beberapa makerspace yang ada di Indonesia:

1. 3,14 Makerspace

Terletak di Makassar, Indonesia memiliki tujuan untuk melakukan proses edukasi dalam pembuatan prototype sebuah produk.  Berdiri sejak awal 2016 bertempat di Jl Mesjid Babuljannah No 28, Makassar. Ada 2 sektor yang di edukasikan yaitu Kayu dan kulit

2. Ayka Indonesia

Terletak di Samarinda adalah sebuah inisiatif yang lahir untuk menciptakan sebuah ekosistem dimana setiap kita bisa mewujudkan ide dan kreativitas yang kita miliki menjadi sesuatu yang bernilai. ayka indonesia sendiri memiliki concern pada sektor kayu.

3. Indoestri Makerspace

Terletak di Jakarta Barat Sebuah pabrik furnitur yang cukup. berdiri sejak 2014 Memiliki concern terhadap peningkatan edukasi pada proses produksi sebuah produk untuk 4 material yaitu kayu, besi, tekstil dan kulit.

4. Fablab Bandung

Fablab Bandung adalah sebuah organisasi non profit yang yang peduli terhadap creativitas dan edukasi. Disponsori oleh Gusto (Advertising Company). Memiliki concern terhadap lpembuatan prorotype .

 

Sebenarnya masih ada banyak lagi makerspace di tiap-tiap kota yang ada di Indonesia. Tapi pada akhirnya satu hal yang harus kita pahami adalah jiwa kreatif pada diri masing-masing itu harus berkembang pada wadah makerspace ini.

Wadah sudah ada. Waktunya berkembang.

#beageppeto

 

 


Bagikan Artikel Makerspace: Wadah Baru Kolaborasi Para Maker


Komentar Untuk Makerspace: Wadah Baru Kolaborasi Para Maker